Perangkat GPS Bisa 'Renggut Nyawa'

Perangkat GPS Bisa 'Renggut Nyawa'
Fino Yurio Kristo - detikinet



Belanda - Kegunaan perangkat navigasi berbasis GPS (Global Positioning System) bisa memudahkan pengemudi mencari jalur jalan yang tepat. Namun di Belanda, perangkat GPS disinyalir bisa membahayakan nyawa.

Pasalnya, perangkat ini seringkali mengambil jalur jalan di daerah pemukiman penduduk yang sebenarnya tak ditujukan sebagai jalan umum. Jika pengemudi tak hati-hati, mereka bisa menabrak pemakai jalan lainnya, misalnya anak kecil.

Hal tersebut disimpulkan dalam studi oleh lembaga Navigation Systems Research Foundation (NSRF) Belanda. Mereka menguji coba 13 perangkat GPS. Hasilnya, hanya satu dari seluruh perangkat yang diujicoba, tidak menyertakan jalur pemukiman dalam rute mereka.

Menurut NSRF, masalah ini terjadi karena software untuk perangkat navigasi ini menganggap semua jalur jalan adalah sama saja. Seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Rabu (9/1/2008), software ini tak membedakan antara jalan raya dan jalan di pemukiman penduduk.

Menanggapi temuan ini, salah satu produsen GPS menyalahkan ketidakakuratan informasi jalur jalan yang dirilis pemerintah Belanda. Namun NSRF menyatakan, hal itu tak bisa dijadikan kambing hitam karena ada produsen lain yang mampu membuat jalur tanpa melewati pemukiman padat penduduk. ( fyk / fyk )

Tidak ada komentar: