Tips Tetap Bugar Saat Puasa

Bahwa puasa memiliki banyak manfaat rohani, kita semua pasti telah mengetahuinya. Namun, puasa memiliki banyak manfaat jasmani yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Yang jelas, dengan berpuasa kita mengistirahatkan organ pencernaan kita sehingga organ tersebut dapat dibersihkan dan membentuk zat-zat baru yang kita butuhkan. Puasa juga meningkatkan proses pembersihan dan pelepasan racun dari usus, ginjal dan kandung kemih, paru-paru serta kulit. Makanya, bukan hanya rohani kita saja yang dibersihkan, jasmani kita juga turut dibersihkan sehingga selesai menjalani ibadah puasa kita benar-benar seperti dilahirkan kembali.

Berikut ini adalah sejumlah hal yang dapat mendukung puasa Anda sehingga semakin meningkatkan manfaatnya bagi kebugaran dan kesehatan tubuh, yaitu:

Udara yang bersih, dibutuhkan untuk membantu pembersihan sel dan jaringan tubuh.
Sinar matahari, dibutuhkan untuk merevitalisasi tubuh kita. Hanya saja, hindari terpaan sinar matahari yang berlebihan.
Mandi sangat penting untuk membersihkan kulit, sekurangnya dua kali sehari. Mandi uap dan sauna juga baik untuk memberi kehangatan sekaligus membantu proses pembuangan racun.
Olahraga juga akan mendukung proses pembersihan tubuh. Hal tersebut akan menolong relaksasi tubuh, membersihkan dan mencegah gejala-gejala keracunan. Berjalan, bersepeda, berenang dan olahraga-olahraga lainnya dapat dilakukan selama menjalani puasa. Sebaiknya Anda
menghindari olahraga yang berbahaya dan dapat menimbulkan kontak fisik.
Lakukan lah hal-hal yang berguna dan kreatif. Menyibukkan diri dengan berbagai hal akan mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang kurang baik.
Selain "membersihkan" hati dan pikiran, tak ada salahnya Anda juga membersihkan benda-benda dan tempat-tempat yang selama ini mungkin lupa Anda bersihkan, misalnya meja kerja, kamar atau lemari Anda.
Berkumpullah dengan yang lain. Puasa adalah saat yang tepat untuk menjalin ikatan dan mempererat tali persaudaran dengan orang lain.

Selamat menjalankan ibadah puasa. (KOMPAS/ACA)

Tidak ada komentar: