Kurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips
Kurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

MASIH ingat pesan yang disampaikan Rasulullah saw, "Berpuasalah kamu, tentu kamu akan menjadi sehat." Hal ini mengisyaratkan adanya berbagai manfaat bagi kesehatan manusia di balik ibadah puasa ini. Tentu saja mencakup sehat secara jasmani, rohani, dan sosial secara keseluruhan. Lalu, bagaimana kiat kita dalam menjaga kesegaran saat berpuasa, kemudian bagaimana upaya kita dalam mengurangi bau mulut saat berpuasa?

Menurut Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, ada beberapa kiat-kiat (tips) biar tetap segar saat puasa, yaitu:

- Pada saat makan sahur dan berbuka, konsumsi makanan dengan kandungan gizi lengkap dan sebaiknya porsi makanan jangan berlebihan.

- Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman atau makanan yang manis secara berlebihan.

- Berolah raga, sebaiknya dilakukan olah raga ringan yang tidak terlalu menguras stamina.

- Tanamkan niat yang tulus dan ikhlas.

- Lakukan aktivitas positif, misalnya mengaji, membaca buku keagamaan, mengikuti kegiatan pesantren Ramadan, dan kegiatan positif lainnya.

Selain itu pada saat berpuasa seringkali timbul bau mulut (BM), hal ini karena mulut kering akibat kurangnya aliran air ludah. Ini tentunya akan sedikit mengganggu, dan dapat mengurangi kepercayaan diri. Untuk itu ada kiat-kiat yang bisa dilakukan dalam mengurangi bau mulut saat berpuasa, yaitu:

1. 15 gram kencur dibersihkan, kemudian di jus atau diblender. Tambahkan sedikit air dan gula merah hingga tertampung 200 cc, kemudian diminum pada saat makan sahur.

2. 10-15 lembar daun sirih dibersihkan. Kemudian direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc, lalu disaring. Dan selagi hangat gunakan untuk berkumur-kumur pada saat sahur.

3. 10-15 gram kencur dibersihkan dan diiris-iris lalu direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc. Kemudian air rebusannya diminum selagi hangat pada saat sahur.

4. Selain itu dianjurkan pula menjaga kebersihan gigi dan mulut, banyak mengonsumsi buah-buahan segar, dan hindari makanan yang menimbulkan aroma kurang sedap, misalnya petai, jengkol, dan sebagainya.

Dengan memperhatikan kiat-kiat tadi, mudah-mudahan puasa kita lancar dan tetap terlihat segar saat berpuasa. Di samping itu kita dapat mengarungi ibadah di bulan Ramadan ini, tanpa harus mengurangi kepercayaan diri kita di saat berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa, dan selamat mencoba! (Budi Imansyah S.)***


Tidak ada komentar: