TIPS Merawat Baterai HP

TIPS Merawat Baterai HP


Cukup banyak yang masih bingung jika ingin ngecas baterai, apakah sebaiknya ponsel dimatikan atau dalam keadaan hidup. Sebetulnya cara merawat baterai ponsel sudah seringkali kita baca sejak booming ponsel di Tanah Air pada era 1990-an.

Tapi karena pelanggan ponsel bertambah dengan pesat maka informasi tersebut putus. Tampaknya sepele, namun menyebalkan ketika sedang asyik berbicara tiba-tiba beterai drop atau pembicaraan terputus. Padahal indikator baterai memperlihatkan “setrum” masih banyak.pada awal pembicaraan.

Walhasil pertanyaan seputar itu masih saja sering terlontar. Apalagi dengan adanya jenis baterai yang memiliki “bahan dasar” bukan nickel cadmium (Ni Cad). Jika termasuk golongan NiCad justru lebih awet. Namun karena kita sering malas mematuhi aturan isi ulang secara benar, usianya pendek. Pengalaman mereka yang selalu mematikan ponsel ketika mengisi ulang jenis baterai tersebut, bisa awet hingga 2 tahun!

Bagiamana dengan baterai lithium? Apakah sama cara pengisiannya dengan NiCad agar bisa tahan lama? Konon jenis baterai ini tahan lama dan lebih awet, sehingga belakangan ini lebih dicari pemakai ponsel. Dibanding NiCad, baterai lithium harganya relatih lebih mahal. Makanya sayang jika mahal-mahal usianya pendek, karena kita kurang mematuhi pakemnya.
Pertama yang harus diperhatikan adalah apakah baterai ponsel yang dipakai jenis lithium (Li-ion) atau bukan (NiCad atau NiMH). Perbedaan kedua jenis baterai ini, menurut pakar, sangat mendasar. Jenis lithium bisa diisiulang kapan saja, tanpa menunggu baterai habis.

Tapi jika termasuk jenis nickel, maka membutuhkan perhatian lebih khusus. Sebab harus menunggu setrumnya benar-benar habis, sampai tak bisa lagi dipakai untuk menghidupkan ponsel, sebelum men-charge-nya. Lakukan kebiasaan ini dengan disiplin setiap kali akan mengisi ulang baterai.
Ini untuk mencegah memory effect atau terus berkurangnya daya simpan. Setelah mengenal karakteristik baterai ponsel, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga agar baterai tak cepat habis. Misalnya, jangan meletakkan pesawat ponsel di atas barang elektronik, seperti TV, audio set dan lemari pendingin, sebab medan magnet yang keluar dari alat-alat elektronik ini bisa mengganggu kinerja komponen-komponen ponsel.
Jangan sering mematikan lalu menghidupkan ponsel kalau tak terlalu penting. Sebab tiap kali menyalakan ponsel, secara otomatis ponsel akan mencari jaringan operator masing-masing yang membutuhkan energi hampir setara dengan satu jam waktu stand by. Jadi, kalau tak mau terganggu dering ponsel, aturlah ponsel dalam mode silent. Bila tidak punya fasilitas pengatur mode, perkecil deringnya.

Cabut charger bila baterai sudah penuh. Bila charger kita masih bagus, lalu terus-menerus men-charge maka bisa membuatnya cepat rusak. Kalau charger sudah tak bisa menghentikan kiriman setrum walau baterai sudah penuh, yang cepat rusak adalah baterai ponsel.

Tidak ada komentar: